Karya Tulis Ilmiah



GAMBARAN PERKEMBANGAN PERILAKU HIPERAKTIF SETELAH DIBERIKAN TERAPI BERMAIN (SKILL PLAY) PADA ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (GPPH)

Prodi : PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN MALANG
Pengarang : RAFIDAH AZIZAH
Dosen Pembimbing : Dr. Atti Yudiernawati, S.Kp, M.Pd, Dra. Goretti Maria Shindarti, M.Kes.
Klasifikasi/Subjek : , Perkembangan Perilaku Hiperaktif, Terapi Bermain (Skill Play)
Penerbitan : , Malang: 2017.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Gambaran Perkembangan Perilaku Hiperaktif Setelah Diberikan Terapi Bermain (Skill Play) Pada Anak Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas (GPPH). Rafidah Azizah (2017). Karya Tulis Ilmiah Deskriptif dengan Desain Studi Kasus Observasi Partisipasif. Program Studi D-III Keperawatan Malang. Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing Utama Dr. Atti Yudiernawati, S.Kp, M.Pd, Pembimbing Pendamping Dra. Goretti Maria Shindarti, M.Kes. Kata Kunci: Perkembangan Perilaku Hiperaktif, Terapi Bermain (Skill Play) Perkembangan perilaku tercermin dari kondisi fisik dan psikososial, yang dipengaruhi oleh lingkungan, budaya, norma yang berlaku dalam keluarga dan masyarakat. Pada masa perkembangan anak terdapat masalah klinis yang dapat terjadi. Salah satu masalah klinis yaitu perilaku hiperaktif. Untuk mengoptimalkan perkembangan perilaku hiperaktif dibutuhkan sebuah stimulasi yang sesuai. Terapi bermain (skil play) merupakan stimulasi yang tepat bagi anak. Tujuan studi kasus ini adalah mengetahui gambaran perkembangan perilaku hiperaktif yang sedang dilakukan terapi perilaku (behavior therapy) setelah diberikan terapi bermain (skill play) pada anak dengan GPPH. Subjek penelitian adalah satu orang anak sesuai dengan kriteria inklusi. Penelitian dilakukan pada tanggal 7 April - 16 April 2017 dengan menggunakan metode studi kasus deskriptif observatif partisipasif. Hasil studi kasus setelah dilakukan terapi bermain (skill play); bermain puzzle, menyusun balok, menyamakan kartu, dan meronce, An. B mengalami perkembangan perilaku pada poin subjek dapat menyelesaikan kegiatan yang telah dimulai dan perhatiannya semakin meningkat. Dapat disimpulkan bahwa subjek mengalami perkembangan perilaku hiperakktif ditandai dengan dapat berkonsentrasi setelah dilakukan terapi bermain (skill play). Rekomendasi: disarankan untuk peneliti selanjutnya perlu menambah waktu stimulasi yang lebih lama dan memilih permainan (skill play) yang paling efektif serta disukai oleh anak.



Lampiran

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]